Tuesday, November 24, 2009

Amalan di Bulan Dhulhijjah

Nabi (shallallaahu alaihi wa sallam) berkata: Tidak ada hari di mana perbuatan baik lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini; yang berarti sepuluh hari pertama Zulhijah. Mereka bertanya: Tidak juga Jihad di jalan Allah? Dia berkata: Tidak juga Jihad di jalan Allah, kecuali orang pergi keluar untuk mengorbankan kedua jihad nyawa dan harta benda dan kembali dengan baik. (Al-Bukhari)

Di antara perbuatan baik yang Muslim harus berusaha untuk melakukan selama sepuluh hari pertama dari Dhu'l-Hijjah adalah:

1) Puasa:

Ini adalah Sunnah untuk berpuasa pada hari kesembilan Dhu'l-Hijjah, karena Nabi (Shalallahu 'Alaihi Wassalam) mendesak kita untuk melakukan perbuatan baik selama ini, dan puasa adalah salah satu perbuatan yang terbaik. Allah telah memilih berpuasa untuk diriNya, seperti yang dinyatakan dalam hadits qudsi: "Allah mengatakan:" Semua perbuatan anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa, yang adalah untuk-Ku dan Aku adalah Satu Siapa yang akan membalasnya untuk itu. ' "(HR Al-Bukhari, 1805).

Nabi (Shalallahu 'Alaihi Wassalam) yang digunakan untuk berpuasa pada hari kesembilan dari Dhu'l-Hijjah. Hunaydah bin Khalid dari istrinya melaporkan bahwa sebagian istri-istri Nabi (Shalallahu 'Alaihi Wassalam) berkata: "Nabi (Shalallahu' Alaihi Wassalam) yang digunakan untuk berpuasa pada hari kesembilan dari Dhu'l Hijjah, pada hari 'Aashooraa', pada tiga hari setiap bulan, dan pada pertama dua hari Senin dan Kamis setiap bulan. " (HR Al-Nasa'i, 4 / 205 dan Abu Dawud; diklasifikasikan oleh Al-Albani sebagai shahih dalam Shahih Abi Dawud, 2 / 462).

2) Membaca Tahmeed, dan takbir Tahleel besar:

Ini adalah Sunnah untuk mengatakan takbir ( "Allaahu Akbar"), Tahmeed ( "Al-Hamdulillah"), Tahleel ( "La ilaha ill-Allah") dan Tasbeeh ( "Subhaan Allah") selama sepuluh hari pertama dari Dhu'l Hijjah, dan berkata dengan keras di masjid, rumah, jalan dan setiap tempat di mana ia diperbolehkan untuk mengingat Allah dan menyebut nama-Nya dengan keras, sebagai tindakan ibadah dan sebagai proklamasi kebesaran Allah, mungkin ia akan ditinggikan.

Laki-laki harus membaca kalimat-kalimat ini dengan suara keras, dan perempuan harus membaca dengan tenang.

Allah mengatakan (interpretasi makna):

"Bahwa mereka bisa menyaksikan hal-hal yang bermanfaat bagi mereka (yaitu pahala haji di akhirat, dan juga beberapa keuntungan duniawi dari perdagangan, dll), dan menyebut nama Allah pada hari yang ditunjuk, atas binatang ternak yang Dia telah menyediakan bagi mereka (untuk kurban )..." [Al-Hajj 22:28]

Mayoritas ulama setuju bahwa "hari-hari ditunjuk" adalah sepuluh hari pertama dari Dhu'l-Hijjah, karena kata-kata dari Ibnu Abbas (semoga Allah senang dengan dia dan ayahnya): "maksud 'hari-hari ditunjuk ' adalah pertama sepuluh hari (dari Dhu'l-Hijjah). "

Takbir mungkin termasuk kata-kata "Allaahu akbar, Allaahu akbar, la ilaaha ill-Allah; Allaahu akbar wa wa Lillaahi'l-hamd (Allah adalah Maha Besar, Allah adalah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah; Allah adalah Maha Besar dan untuk Allah segala puji), "serta ungkapan-ungkapan lain.

Takbir pada waktu ini adalah suatu aspek dari Sunnah yang telah dilupakan, terutama pada bagian awal periode ini, begitu banyak sehingga orang hampir tidak pernah mendengar takbir, kecuali dari beberapa orang. Takbir ini harus diucapkan dengan suara keras, dalam rangka untuk menghidupkan kembali sunnah dan sebagai pengingat ke lalai. Ada suara bukti bahwa Ibnu Umar dan Abu Hurairah (semoga Allah senang dengan mereka) yang digunakan untuk keluar di pasar selama sepuluh hari pertama dari Dhu'l-Hijjah, membaca takbir, dan orang-orang akan membacakan takbir ketika mereka mendengar mereka. Gagasan di balik mengingatkan masyarakat untuk membaca takbir adalah bahwa setiap orang harus membaca sendiri-sendiri, tidak bersama-sama, karena tidak ada dasar dalam syariat untuk melakukan hal ini.

Menghidupkan kembali aspek Sunnah yang telah hampir terlupakan adalah suatu perbuatan yang akan membawa pahala yang besar, seperti yang ditunjukkan oleh sabda Nabi (Shalallahu 'Alaihi Wassalam): "Barangsiapa menghidupkan suatu aspek Sunnah yang saya adalah lupa setelah kematian, ia akan memiliki pahala yang setara dengan orang-orang yang mengikutinya, tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala mereka. " (HR Al-Tirmidzi, 7 / 443; ini adalah hadits hasan karena menguatkan asaaneed).


3) Melaksanakan Haji dan 'Umrah.

Salah satu perbuatan yang terbaik yang dapat dilakukan selama sepuluh hari ini adalah untuk melakukan haji ke Baitullah Allah. Satu Allah yang membantu untuk pergi haji ke Rumah-Nya dan melakukan semua ritual yang benar termasuk dalam sabda Nabi (Shalallahu 'Alaihi Wassalam): "Sebuah Haji diterima tidak kurang membawa hadiah dari surga. "

Melakukan lebih banyak perbuatan baik pada umumnya, karena perbuatan baik yang dicintai oleh Allah dan akan membawa pahala yang besar dari-Nya. Siapa pun tidak dapat pergi ke haji harus menyibukkan diri di waktu yang penuh berkah ini dengan menyembah Allah, berdoa (shalat), membaca Alquran, mengingat Allah, membuat permohonan (doa), memberi sedekah, menghormati orang tuanya, menegakkan ikatan kekerabatan, memerintahkan apa yang baik dan melarang apa yang jahat, dan perbuatan baik dan ibadah.


4) Udhiyah (Kurban)

Salah satu perbuatan baik yang akan membawa seseorang lebih dekat kepada Allah selama sepuluh hari ini menawarkan pengorbanan, dengan memilih hewan berkualitas tinggi dan penggemukan itu, membelanjakan uang demi Allah. (informasi lebih lanjut untuk mengikuti, insya Allah).

6) Pertobatan yang tulus

Salah satu hal yang paling penting yang harus dilakukan selama sepuluh hari ini adalah untuk bertobat dengan tulus kepada Allah dan untuk memberikan semua jenis ketidaktaatan dan dosa. Pertobatan berarti datang kembali kepada Allah dan terdahulu semua perbuatan, terbuka dan rahasia, bahwa Dia tidak menyukai, dari penyesalan atas apa yang telah berlalu, segera menyerah dan menjadi bertekad untuk tidak kembali ke sana, tetapi untuk mematuhi teguh kepada kebenaran dengan melakukan apa yang Allah mencintai.
Jika seorang muslim melakukan dosa, ia harus segera untuk bertobat sekaligus, tanpa penundaan, pertama karena ia tidak tahu kapan ia akan mati, dan kedua karena satu perbuatan jahat mengarah kepada yang lain.

Pertobatan pada waktu khusus sangat penting karena umumnya pikiran orang menoleh ke ibadah pada waktu-waktu, dan mereka sangat ingin berbuat baik, yang mengarah kepada mereka mengakui dosa-dosa mereka dan merasakan penyesalan untuk masa lalu. Pertobatan adalah wajib pada setiap saat, tapi ketika menggabungkan Muslim bertobat dengan tulus perbuatan baik selama hari-hari yang paling kebajikan, ini adalah tanda keberhasilan, Insya Allah. Allah mengatakan (interpretasi makna): "Adapun orang yang bertobat, beriman dan melakukan amal saleh, maka dia akan berada di antara orang-orang yang sukses." [Al-Qashash 28:67]

Muslim harus memastikan bahwa dia tidak melewatkan kesempatan penting ini, karena waktu berlalu dengan cepat. Biarkan dia mempersiapkan diri dengan melakukan perbuatan baik yang akan membawa dia hadiah saat ia paling membutuhkan, karena tidak peduli berapa banyak ia mendapat pahala, ia akan merasa kurang daripada kebutuhan waktu keberangkatan sudah dekat, yang perjalanan yang menakutkan, angan-angan yang luas, dan jalan panjang, tapi Allah benar-benar mengawasi, dan kepada-Nya kita akan kembali dan membuat account. Seperti Al-Qur'an (interpretasi makna):

"Jadi barangsiapa yang berbuat baik sama dengan berat sebuah atom, akan melihatnya,

Dan barangsiapa melakukan kejahatan sama dengan berat sebuah atom, akan melihatnya. "

[Al-Zalzalah 99:7-8]

Ada banyak yang bisa diperoleh, sehingga membuat sebagian besar kesempatan yang diberikan oleh yang tak ternilai dan tak tergantikan ini sepuluh hari. Bersegera untuk melakukan perbuatan baik, sebelum kematian pemogokan, sebelum orang dapat menyesali satu kelalaian dan kegagalan untuk bertindak, sebelum seseorang diminta untuk kembali ke tempat di mana tidak ada doa-doa akan dijawab, sebelum kematian menghalangi antara harapan satu dengan harapan untuk hal-hal lain, sebelum Anda terjebak dengan perbuatan anda saat di kubur.

Hai hati yang keras gelap seperti malam, bukan waktu yang hati Anda dipenuhi dengan cahaya dan menjadi lembut? Buka diri kepada angin lembut dari rahmat Tuhanmu selama sepuluh hari ini, karena Allah akan menyebabkan angin ini menyentuh siapa saja yang Dia kehendaki, dan siapa pun yang disentuh oleh akan bahagia pada hari kiamat. Semoga Allah memberkati Nabi kita Muhammad dan seluruh keluarga dan sahabat.

Mari kita mempercepat untuk membuat sebagian besar hari-hari besar ini, sebelum lalai menyesali apa yang dia lakukan, dan sebelum dia meminta untuk kembali dan tidak menerima tanggapan.

(naskah asli dalam bahasi inggris, maaf klo ada salah translate^^)
Ditulis oleh Syeikh Muhammad Sholih Al-Munajid
http://www.facebook.com/note.php?note_id=178241657962

Sumber lain menyebutkan

Ada beberapa amalan yang perlu kita lakukan pada bulan Dzulhijjah :

1. Meningkatkan ibadah pada 10 hari pertama dengan Qiyamul Lail. Beberapa hadits nabi yang menganjurkan hal tersebut adalah

"Dari Abu Hurairah r.a : Dari Nabi SAW bersabda : Tiada hari yang lebih dicintai oleh Allah SWT untuk disembah kecuali pada 10 hari bulan Dzulhijjah, Puasa 1 hari di dalamnya dapat menyamai puasa 1 tahun, Qiyamul lail satu malam di dalamnya dapat menyamai dengan Qiyamul lail pada malam Lailatul Qadr" HR. Tirmidzi, salah satu rawi (Nahhas) dhoif, tetapi hadits dhoif dapat digunakan dalam Fadloilul 'amal.



2. Memperbanyak puasa pada 10 hari pertamaa kecuali tgl 10-nya. Sesuai dengan hadits tersebut di atas. Khususnya puasa Arafah tgl 9 Dzulhijjah, ketika para hujjaj sedang berwukuf di Arafah, maka hukumnya sunnah muakkadah dengan hadits hasan dan hadits shohih yang cukup kuat di bawah ini, kecuali yang sedang hajji, tidak boleh berpuasa.

"Dari Abu Qatadah ra. bahwasannya Nabi SAW bersabda : Puasa pada hari Arafah saya berharap kepada Allah SWT untuk dapat menghapuskan dosa-dosa kecil satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya." HR. Tirmidzi.

Hadits riwayat lain yang derajatnya shohih adalah :

"(Puasa) tiga hari setiap bulan dan Ramadhan ke Ramadhan, sama dengan puasa sepanjang masa, puasa Arafah saya berharap kepada Allah SWT untuk dapat menghapuskan dosa-dosa kecil satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya, puasa pada hari Asyura (10 muharram) saya berharap kepada Allah SWT agar menghapus dosa satu tahun sebelumnya". HR. Muslim.

3. Bertakbir pada hari Arafah, Idul Adha dan hari Tasyriq.

Disunnahkan pula untuk melakukan takbir pada hari-hari tersebut berdasarkan firman Allah SWT Q.S : Al-Baqarah : 203 "Dan berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya". Maksud dzikir di sini adalah membaca Takbir, Tasbih, Tahmid dan sebagainya. Beberapa hari yang berbilang ialah tiga hari setelah hari raya hajji atau biasa disebut hari tasyriq.

Menurut Sayyid Sabiq, penjelasan dari ayat tersebut dari para sahabat adalah sejak subuh hari Arafah, sampai dengan sore hari (ba'da ashar) hari tasyriq yang terakhir. Hal ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib dan Ibnu Mas'ud.

Jadi pada intinya perintah bertakbir disepakati dengan dalil yang jelas. Masalah pembatasan waktu memang hanya ditemukan penjelasan dari para sahabat dan mengikuti jejak sahabat adalah perintah Rasulullah SAW.

4. Sholat Idu Adha

Ada beberapa catatan penting yang perlu diketahui dalam menjalankan sholat Idul Adha, yaitu : masing-masing berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW.

· Mandi dan menggunakan wewangian sebelum berangkat.

· Tidak makan pagi/sarapan sebelum sholat Idul Adha, tetapi pada sholat Idul Fitri dianjurkan sarapan terlebih dahulu.

· Dianjurkan berangkat dengan berjalan kaki (tidak wajib) untuk menunjukan syiar atau semarak hari raya umat Islam.

· Ada takbir 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua.

· Setelah sholat ada khutbah yang perlu disimak.

· Pulang melalui jalan yang berbeda ketika berangkat.

· Dalam sholat Ied, wanita yang sedang haid dianjurkan untuk tetap meramaikan dengan cara hadir ditempat sholat tanpa mengikuti sholatnya.

5. Qurban pada tanggal 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah

Urgensi Udhiyyah (Qurban) :

· Sebagai ibadah sosial diantara sekian ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT pada hari raya Idul Adha.

· Menduduki peringkat ke dua setelah perintah sholat. Lihat Q.S. : Al-Kautsar

· Sebagai sarana pembinaan hubungan sosial

· Memperlancar roda ekonomi

· Meningkatkan kesejahteraan peternak

· Meningkatkan tingkat kesehatan umat Islam dengan kecukupan gizi

· Napak tilas perjuangan Nabi Ibrahim a.s.

· Menghilangkan sifat Hubbuddunya (Cinta dunia)


http://finance.groups.yahoo.com/group/pksplus/message/1299
Mari berkurban^^.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Amalan di Bulan Dhulhijjah"

Post a Comment

Silahkan isikan uneg-uneg kalian setelah berkunjung dan membaca tulisan di blog ini..
diharapkan komentar berupa kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan blog ini ^^